Info SItuasi Gunung Agung Bali Per 11 Desember 2017

Letusan yang terjadi kemarin Minggu 10/Des/2017 pada pagi-pagi buta dimana material yang keluar dari Gunung Agung bisa dikatakan jika aktivitas gunung agung menurun secara perlahan. Penurunan aktivitas gunung  yang dilihat dari hembusan asap putih yang keluar dengan tekanan lebih rendah. Aktivitas yang menurun dengan gunung yang terkadang masih mengeluarkan abu vulkanik dengan jumlah yang sedikit ataupun gempa.

Drai tim PVMBG menduga bahwa aktivitas vulkanik gunung agung sudah menurun dari 30 Nov 2017, tetapi sejak tanggal 7 sampai 9 Des 2017 aktivitas gunung agung meningkat dengan adanya abu vulkanik yang keluar dari Gunung. Ahli Vulkanologi Suantika mengatakan “abu yang keluar saat ini dari tekanan magma yang lama dengan kedalaman 10km”. Untuk memastikan aktivitas gunung sudah menurun perlu waktu seminggu untuk mengevaluasi status gunung agung.

info yang kami kutip dari tribun bali sebagai berikut:

Hanya Erupsi Sesaat

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, juga menyebutkan secara visual selama beberapa hari terakhir Gunung Agung tidak memperlihatkan erupsi disertai semburan abu dan material piroklastik bertekanan besar.

“Erupsinya hanya sesaat, tidak menerus,” kata Sutopo, kemarin.

Volume abu vulkanis yang keluar dari kawah Gunung Agung masih sedikit. Hujan abu tipis dijumpai di sekitar desa-desa yang berada di lereng, seperti Dusun Dukuh, Kecamatan Kubu. Volcano Observatory Notice to Aviation (VONA) yang menjadi panduan penerbangan di ruang udara Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai masih oranye. Bandara pun masih beroperasi normal. Sutopo mengatakan wilayah Bali lainnya masih aman untuk dikunjungi. Wisatawan tak perlu takut dan khawatir sepanjang berada di zona aman di Pulau Dewata. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *