Gili Meno

Gili Meno, berada di tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, Merupakan terkecil dan paling tenang dengan jumlah penduduk yang sedikit yang masih mempertahankan pesona paling asli. Sebagaian besar hotel dan restaurant berada di pantai bagian timur dimana dekat dengan beberapa tempat snorkeling terbaik. Beberapa tempat snorkeling di bagian utara juga memiliki pemandangan yang mengagumkan.  Anda juga akan melihat matahari terbenam terbaik di Gili Meno, dengan Gunung Agung di kejauhan.

Untuk diketahui, Gili Meno tidak memiliki ATM dan sebagian besar tempat tidak menerima kartu kredit. Sebuah klinik di tengah pulau ini dikelola oleh seorang perawat dan buka setiap hari. Pelabuhan ada di pantai timur.

Snorkeling dan Menyelam adalah daya tarik utama di sini. Tempat Snorkeling terbaik ada di sepanjang pantai barat laut dan juga di lepas pantai bagian timur.

Disamping Snorkeling dan Diving, aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah berkeliling berjalan kaki. Di Gili Meno juga terdapat sebuah danau airasin yang bisa dikunjungi. Sebuah Bird Park juga bisa dijumpai di Gili Meno yang memiliki lebih dari 40 jenis burung.

Dan saat ini di sana sudah berdiri “Kelompok Pengelola Ekowisata Mangrove“. Kelompok ini berdiri atas inisiatif masyarakat gili meno untuk melestarikan alam Gili Meno khususnya hutan mangrove yang kian hari makin berkurang. Dan berdirinya “Kelompok Pengelola Ekowisata Mangrove” diharapkan mampu menjaga kelestarian alam mangrove serta bisa menata dan menciptakan aktivitas wisata menarik di Gili Meno yang nantinya akan menjadi daya tarik Pariwisata di Gili Meno.

Adapun Aktivitas yang bisa di provide oleh KPE (Kelompok Pengelola Ekowisata Mangrove) adalah :

1. Pengamatan Burung
2. Sekolah Alam
3. Camping
4. Outbond
5. Wildlife Photography

Semoga dengan hadirnya KPE, Gili Meno akan menjadi semakin berkembang dan terjaga kelestariannya.

 

Pembaca masuk ke halaman ini dengan kata kunci :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *