Backpacker-an Ke 3 Nusa “Lembongan, Ceningan, Penida”

Terlepas dari berbagai informasi mengenai layanan Fast Boat ke Gili, kali ini aku ingin sedikit berbagi pengalamam mengenai perjalanan liburan Team Info Ke Bali bersama teman teman  untuk meng-explore  Pulau 3 Nusa-Bali (Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, Nusa Penida).

Untuk diketahui sebelumnya, bahwa 3 Nusa ini merupakan bagian dari Pulau atau Provinsi Bali dimana 3 Nusa ini memiliki potensi pariwisata yang sangat bisa dibanggakan.

Dan aku akan mulai cerita indah kami berpetualang mengexplore 3 Nusa (Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida) yang sebenarnya menyimpan segudang keindahan.

Kami sukses dengan total peserta tak terduga 12 Orang dimana sebelumnya kami hanya berencana kesana dengan peserta tidak lebih dari 5 orang… Perjalanan dimulai dengan berkumpul dahulu di Parkiran Bali Beach Sanur karena parkiran ini aman untuk menaruh motor atau mobil apalagi ditinggal menginap semalam di Nusa Lembongan.

Jam 08.30 semua sudah berkumpul di parkir dengan detail nama : Yogie dan Putu Alure sebagai Advisor karena memang mereka yang sudah menguasai Nusa Ini. Thanks sudah mengatur acara kita dengan sangat baik.  Selanjutnya : Putu Pande Spungky, Ramadana, Kadek Singakerta, Dianrini, Gus Plar, Yande Tax, Yande Chitol, Obix, Dexta dan Tu Nick.

Pukul 09.00 kita menyeberangi laut Biru kita memakai Cahya Bagus Fast Boat dengan lama perjalanan 30 Menit di Laut. Sepertinya boat ini adalah boat tercepat… sebentar saja sudah tiba di daratan Nusa Lembongan. Turun boat dan langsung menyewa motor sebanyak 6 Unit dan meluncur mencari Budget Hotel dengan biaya terjangkau. Masuk di Pak Ketut Bungalow, dan lihat lihat kamar, setuju, deal harga. Walaupun tidur sekamar bertiga, tetapi sudah terasa lebih dari cukup. Kamar Ber AC dan ada Kolam Renang menjadikan hotel ini cukup nyaman ditempati.

Kita istirahat sebentar sambil menikmati fasilitas hotel karena Yogie dan Putu Alure juga kebetulan ada meeting di lembongan. Dan hari sudah mulai siang … Yogie dan Putu sudah datang dan kita langsung diajak ke Prema Warung yang berlokasi dekat Mangrove dimana kita bisa makan siang dan sekalian bisa snorkeling bagi yang berminat karena Prema juga menyediakan paket snorkeling. Kita di hadapkan banyak pilihan menu dengan harga yang sangat bersahabat. Kita sebagian besar makan Ikan Bakar. Semua menikmati sambil ngobrol ngarol ngidul. Habis makan kita semua sepakat untuk snorkeling, walaupun sebagian besar tidak bisa renang. Tetapi karena karena keingin tahuan mereka akhirnya semua nekat ikut.

Wowwww…… sungguh diluar dugaanan… ternyata trumbu karang di dekat hutan mangrove ini sangat sangat indah. Sayang sekali kita tidak bisa mengambil Photo karena tidak membawa kamera under water. Jika dibandingkan, mungkin ini setara dengan di Gili Air…. bahkan lebih recomended…

Akhirnya karena waktu yang terbatas, terpaksa kita harus kembali walaupun sebenarnya masih ingin tetap menikmati indahnya trumbu dan Ikan yang lucu lucu. Dan air lautpun mulai surut hingga sempat membuat boat kita nyangkut… Tapi akhirnya cari jalur lain bisa juga kembali ke Prema Warung di tempat kita makan tadi. Bayar makan dan snorkeling, kemudian kembali ke hotel untuk ganti pakaian karena kita akan berencana ke Jumping Point di Nusa Ceningan untuk menyaksikan Sunset.

Selesai ganti pakaian langsung meluncur ke Nusa Ceningan dengan melewati jembatan yang hanya bisa dilalui sepeda motor. Melalui beberapa tanjakan dan akhirnya sampailah kita di pantai yang pemandangannya begitu indah. Di sini ada tempat uji nyali yakni meloncat ke laut dari tebing berketinggian 13 meter. Bagi yang ingin menguji andrenalin bisa mencoba di sini. Tapi diantara kita nga ada yang berani “hehehe…”.

Akhirnya setelah punya menyaksikan keindahan pemandangan di sini dan puas photo photo kita kembali ke Hotel. Di hotel kita rame rame berenang di kolam renang sambil ngobrol ngarol ngidul…. Setelah hari mulai malam, kitapun siap siap untuk ganti baju dan kita memutuskan mencari makan yang murah. Akhirnya kita makan di sebuah warung yang berada sekitar 1 km dari hotel. Selesai makan balik ke hotel dan beristirahat sambil ngobrol sebentar dengan Yogie dan Putu Alur.

Pagi pagi bagun dan beli kopi di warung depan hotel. Ngobrol di teras sambil ngopi menunggu jemputan yang akan mengantar kita ke Jembatan Nusa Ceningan untuk naik Public Boat menuju Nusa Penida. Jam 08.30 akhirnya sopir yang akan mengantar kita sudah datang dan kita langsung berkemas menuju mobil dan kita langsung menuju tempat pemberangkatan penumpang menuju Nusa Penida. Kita langsung menyewa public boat dan langsung diantar ke Nusa Penida tepatnya kita turun di Toya Pakeh (Kalo Tidak Salah).

Bersambung ….

 

 

 

Pembaca masuk ke halaman ini dengan kata kunci :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *